DALIH KREATIVITAS YANG JADI PERTANYAAN WALI MURID, PENCETAKAN KALENDER DIPERTANYAKAN

foto ilustrasi

Sukabumi-banyakberita.com-Sekolah Dasar (SD) Negeri untuk mutu dan kualitas pendidikan yang di selenggarakan, pemerintah hadir dalam mencerdaskan bangsa, maka dari itu setiap satuan pendidikan di wajibkan untuk menjaga kualitas pendidikan tersebut tanpa terkecuali.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010 pasal 181 yang menerangkan bahwa penyelenggara dan tenaga pendidik, baik perorangan maupun kolektif dilarang menjual buku pelajaran, perlengkapan pelajaran, bahan pelajaran, serta pakaian seragam di tingkat satuan pendidikan.

Aturan tersebut juga tercatat dalam Permendikbud Nomor 8 tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh satuan pendidikan.

Sesuai laporan dari masyarakat ada indikasi dari pihak sekolah tidak mentaati peraturan tersebut. Dan mengarahkan Siswa untuk membeli kalender pada awal tahun yang di jual oleh pihak sekolah, 

Menurut salah satu wali siswa mengatakan,, " anak saya pulang sekolah beberapa waktu lalu pulang dari sekolah membawa kalender dengan propil kegiatan sekolah, tetapi yang saya heran kenapa saya harus bayar, padahal kalender saya sudah punya dan belum begitu penting, " ucap nya.

Di temui di ruangan kantor kepala sekolah  mengatakan, "Dengan nada  teriak histeris marah- marah  ketika di konfirmasi terkait dugaan ada nya jualan kalender di satuan pendidikan,jenjang SDN sekolah dasar negeri kabupaten Sukabumi, kamis, (8/3/23).

Aceng, selaku kepala sekolah  mengatakan, "sekarang logis ga kalau jual sepuluh ribu, sementara kalender masih banyak sisa nya tidak di beli semua sama siswa," jelasnya.

Ia pun menambahkan," Dengan pakta yang ada kalender nya saya cetak dua ratus, dan hanya SD Jambe laer yang mencetak kalender,  sekolah lain tidak ada,  karena tidak boleh  untuk mencetak kalender, bahkan saya ngajuin di tolak, itu di tolak di RKAS rancangan kerja anggaran sekolah, dengan budget  5 ribu rupiah kita cetak 200 lembar kalender, 
salah nya sekolah di mana ? ketika saya mencetak kalender dengan gambar propil kegiatan sekolah yang ingin di abdikan, Hanya sekedar  mengingat momentum itu, dan  hanya sebesar itu,  jadi Maslaah,  jadi saya mesti di pertanyakan,, ucap nya,


K3S Kecamatan cisaat Asep Hadi ketika di konfirmasi via pesan singkat  mengatakan, "saya berpikir bukan jualan kang tapi kreatifitas sangat di butuhkan untuk peningkatan mutu, ingat bukan jualan yang sudah jelas aturan nya bahwa sekolah bukan tempat jualan, kreatifitas banyak ragam kang jangan berfikir selalu ke nominal padahal kami tetap  junjung tinggi keinginan untuk meningkatkan mutu,  untuk saya urusan Rizki sudah ada yg ngatur mau makan besok ataupun tidak sudah diatur oleh yg maha kuasa jelasnya.

Pendidikan dasar sangatlah penting karena dari pendidikan dasar dapat mencetak generasi penerus yang berkarakter yang menjadikan bangsa ini menjadi makmur jika dipersiapkan generasi yang berkualitas dari sejak dini.

Somdani/SA

Posting Komentar

0 Komentar

Tedbree Logo
BBCdotNews Biasanya membalas dalam 15 Menit
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Kirim